Beranda | Artikel
Tafsir Ali Imran Ayat 72-73 Makar Ahli Kitab
Rabu, 1 Februari 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 72-73 – Makar Ahli Kitab adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 4 Rajab 1444 H / 26 Januari 2023 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 72-73 – Makar Ahli Kitab

وَقَالَت طَّائِفَةٌ مِّنْ أَهْلِ الْكِتَابِ آمِنُوا بِالَّذِي أُنزِلَ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَجْهَ النَّهَارِ وَاكْفُرُوا آخِرَهُ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ ‎﴿٧٢﴾‏ وَلَا تُؤْمِنُوا إِلَّا لِمَن تَبِعَ دِينَكُمْ قُلْ إِنَّ الْهُدَىٰ هُدَى اللَّهِ أَن يُؤْتَىٰ أَحَدٌ مِّثْلَ مَا أُوتِيتُمْ أَوْ يُحَاجُّوكُمْ عِندَ رَبِّكُمْ ۗ قُلْ إِنَّ الْفَضْلَ بِيَدِ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَن يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ ‎﴿٧٣﴾

“Dan berkatalah segolongan orang dari Ahli Kitab: ‘Berimanlah kepada yang diturunkan kepada orang-orang yang beriman diawal siang dan kufurlah diakhirnya, mudah-mudahan mereka kembali (kepada kekafiran). Dan janganlah kalian percaya kecuali kepada orang yang mengikuti agama kalian.’ Katakanlah:’Sesungguhnya petunjuk itu petunjuknya Allah, janganlah kalian percaya bahwa ada seseorang yang diberi anugerah seperti yang diberikan kepada kalian, atau dia menyanggah kalian di hadapan kalian kelak.’ Katakanlah: ‘Sesungguhnya karunia itu milik Allah, Allah memberikannya kepada siapa yang Allah kehendaki; dan Allah Maha Luas serta Maha Mengetahui.`” (QS. Ali ‘Imran[3]: 72-73)

Dalam dua ayat yang mulia ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan tentang makar orang-orang Ahli Kitab. Dimana mereka berkata: “Berimanlah kepada apa yang diturunkan kepada orang-orang yang beriman diawal siang, dan kufurlah di akhir siang, mudah-mudahan mereka kembali.”

Maksud “mudah-mudahan mereka kembali” ini yang diinginkan oleh Ahli Kitab. Mereka pura-pura menjadi orang-orang yang beriman diawal siang, kemudian mereka mengingkari di akhir siang. Tujuannya adalah agar orang-orang muslim kembali kepada kekafiran.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52649-tafsir-ali-imran-ayat-72-73-makar-ahli-kitab/